Langsung ke konten utama

Firefox 3.0



-->
Setelah beberapa hari terinstall dalam kompieku, ku merasakan memang ada sedikit perbedaan dengan sebelum di install (dengan versi yang sebelumnya / versi 2.0) dalam hal kecepatan load, kestabilan, tampilan dan download. Firefox 3 yang baru saja di release tanggal 17 Juni 2008 menunjukkan rekor yang cukup fantastis yaitu lebih dari 8 juta pendownload dalam 1 hari.


Kalau dilihat dari sisi load, lebih cepat dari pada sebelumnya (dengan akses internet yang sama) sewaktu masih menggunakan versi 2.0 dulu juga sempat kutambahkan extension fasterfox untuk overclock tapi tetep aja masih cepet yang versi 3.0. Lebih stabil walau membuka pages yang banyak dan berat (untuk yang sebelumnya mungkin firefox banyak terjadi error / tiba-tiba saja mati). Untuk tampilan default (belum diubah theme-nya) juga lebih asik cuman untuk tampilan dari address bar agak aneh aja (mungkin belum terlalu user friendly). Mungkin kalau masalah tampilan bisa disiasati dengan memilih theme yang sesuai dengan keinginan diri kita masing-masing. Sedangkan untuk download dulunya saya menggunakan FlashGet sehingga ku tambahkan extension flashgot tapi sekarang lebih sering menggunakan extension DownThemAll (bentuknya mirip dengan donloadnya milik browser Opera).

Bila di upgrade dengan yang baru ada kemungkinan beberapa extension yang digunakan akan menjadi tidak competible karena ada kemungkinan dari pihak pembuat extension belum mengupgrade juga supaya support dengan firefox 3.0 sebagai misal kalo di tempatku ada extension AVG Safe Search yang tidak competible. Untuk externsion bisa dipilih melalui Tools > Add-ons > Get Add-ons > Browse All Add-ons pada firefox.

Untuk mendapatkan firefox 3.0 bisa menggunakan link ini.

Komentar